The more we are grateful, the more happiness we get

31 Agu 2014

Alohaaa....

Seneng bgt lho akyuuu... udah seminggu lebih Tifa (2y,8m) ga nenen.
Udah aga ketuaan siy yah anaknya umur sgini lepas dari nennya, tapi gpp dong emaknya bangga, soalnya tanpa paksaan ciiiinkk!!! weaning with love? weaning herself? Hooh! iyehhhhh...!!! asik kan!!!

Dulu kala
Ini gw cerita yg dulu ya... jadi ya, duluuu bgt pas Tifa umur 18 m, gw pernah menyapih dia dengan plester baca di sini, sini juga. Dan gak berhasil alias gagal total. Waktu itu dia bner bner blom siap keilangan nenenya, sampe sakit dan kengigo ngigo, "nenen..nenen..." terus tiap liat gw nangisss terus. Belom lagi efek buruknya adalah dia takut / trauma bgt sama plester / handyplast! Jadi kalo ada luka luka gitu, dia ogah bgt pake plester plesteran, pernah sampe nangis juga liat plester yg gw pakein ditangganya. 
So... jgn pernah gunakan cara ekstrim menjauhkan nenen dengan dirinya... !!! 

Tifa 2 tahun
Mulai berpikir,  gimana cara nyapihnya?????
gw sempet minta pohon brotowali ke temen gw,
gw beberapa kali beli jamu brotowali ke mbo jamu depan rumah, 

tapiiii... dasar gw belom siap kali ya, jadiiiii...

pohon brotowali yg gw tanem, daunnya dimakanin ayam ayamnya Yogi sampe abis,
dan jamu brotowali yg gw beli, berakhir di tempat sampah, karena berminggu minggu di kulkas.

ini emang ga niat nyapih kaliii ya -_____-

Mulai pasang target, usia Tifa 2,2 tahun, mau gak mau harus lepas nenen.
Target berlalu...mulai pasang target baru.

Target berikutnya adalah, bulan puasa adalah waktu nyapih Tifa yg tepat! Harus kesapih! tapi nihillll, target berlalu... wkwkkww

Dengan Hypnoparenting
Hypnoparenting dengan mengafirmasi kata-kata positif waktu Tifa dalam keadaan stengah ngantuk atau tidur juga gw udah LAKUKAN! Dan tidak menggunakan kata negatif "tidak / jangan" jg uda gw lakuin. Jadi waktu itu gw hypnoparentingnya gini...

"Tifa sudah besar, minumnya dari gelas", "Tifa sudah besar, nenennya disimpan dulu"

Berhasil?

TIDAKKKKK!!!!

Dalam keadaan stengah sadar-pun, kalo itu berkaitan dengan "nenenya", saat hypnoparenting berlangsung dia jadi bisa langsung sadar dan terbangun! trus nanya "emang kenapa?" huffttt....gw jawab "karena Tifa sudah besar", langsunglah dia berdalih "Tifa masih bayi", "masih mau nenen" -______- hmffffff

Lalu? tanpa targetttt!!!! 
sempet ada kepikiran ke dukun sapih kalo sampe 3 tahun Tifa masih ga bisa lepas dari nenennya. Nah looo... yg ga tau dukun sapih, mari kemari maen ke Banten, banyak kaliiiii dimari dukun sapih. Oh NO No NO.... Alhamdulillah gak jadi ke dukun sapih, hihihi... 

Menyapih dirinya dengan buku cerita

Jadi, Tifa ini hobi bgt yg namanya baca buku, sangat sangat sukaaa bgt. Sebelum tidur, gw selalu bacain buku. Kurang lebih 5-10 bukunya gw bacain dgn durasi 2-3 menit/bukunya!

Nah alhamdulillah, tepat seminggu yg lalu, waktu mau bobo malem, gw bacain buku crita, dengan posisi Tifa stengah tidur gw peluk dari belakang, tiba tiba Tifa memejamkan mata dengan sendirinya, besoknya gitu lagi, besok besok dan sampe hari ini selalu seperti itu, yang berbeda hanya posisi bobonya, kadang bobonya di peluk, atau kadang bobonya mau madem samping.

Gw ga nyangka juga si ternyata baca buku sblm bobo ini bisa ngantiin "kegiatan" lamanya Tifa alias "nenen". Soalnya jaman pas masih nenenpun, stelah baca buku selesai, dia nagih jatah slanjutnya "nenen". Haaaaaaaaaa.....



Sempet kepikiran si, kira kira ntar kalo Tifa bangun malem gimana ya? minta nen ga ya? udah nanggung bgt nih, hampir GOAL! Soalnya gw pernah baca, nyapih anak itu paling susah di malem harinya, apalagi yg modelnya kaya gw gini "suka nyusuin sambil tiduran tengah malem". 

Untungnya si gak minta nenen kalo bangun malem, cuma eee cuma... karena emang buku sebagai pengganti "nenen"nya. Jadilah kalo tengah malem dia terbangun atau terngigo, yang di sebut bukan "nenen" lagi, tapi "baca" "baca bukunya" Alamaaakkkkkkkkkkkjanggggg....hahhaa...

Trus gw bacain buku lagi? padahal gw lg nyenyak nyenyaknya tidur? 
Kebayang ga, lagi asik bobo disuruh baca buku... !!!!!
Dengan suara serak dan lemeeess gw bacain dia buku lagi, alhamdulillah, ga sampe abis bukunya dia udah merem lagi... lah gw aja bacanya sambil merem. wkwkkwkwkw

Biar deh, gpp di suruh baca buku juga, lah Tifanya aja udah brusaha nyapih dirinya sendiri, masa gw ga mau bantuin, cuma baca doang pula... dan ga pake acara nangis nangisan... hhihihiii...

Nenen?????
Penggantinya nenen ini susu ultra mimi (125ml), tetap dalam kemasannya, ga di dot. Sehari 3-5 dus. 
 
Trus sama nenennya gimana?
Biasanya kalo anak abis disapih, suka punya kebiasaan baru.
Lain anak, lain juga Tifa. Dia sampe sekarang masih suka bilang "nenen", tapi cuma untuk diliat dan diajak ngobrol *hallllaaahhhhhhhh* kira kira percakapan dengan nenen gini :

T : nenen, lagi apa
T : iii..ndutnya (sambil pegang), lucuuu nya
T : ini nih kepaalanya nenen,
T : nenen, lagi apa? maen yuuuu
T : nenen, uda makan blom?
T : nenen, sun ya... terus blaga nennya ditempelin ke pipi, idung dia *WHAT*

hahhaa...kira kira gitu deh, aneh yaaa... gw aja binunggg dahh...

Menyapih dengan alami
Duluuu bgt, temen gw Evita pernah bilang pas gw lagi ngeluh Tifa belom disapih 

"udahlah ma ga usah disapih, biar dia menyapih dirinya sendiri aja"

Stengah ga percaya si dengan kata kata itu tadinya, dan emang ga yakin kalo Tifa bisa menyapih dirinya. Tapiii eeeeee...  
Alhamdulillah, ternyata yg ga ditargetkan berbuah manis, pada akhirnya gw menyetujui bahwa menyapih dengan alami, menyapih dirinya sendiri, menyapih dengan cinta itu bisa dan bisa tanpa air mata.

For you, Tifa...

Tifa...

Terima kasih sayang selama 2tahun 8bulan
aku iklas akan hak mu
hak akan "asi" mu
 Kini, kamu semakin besar... 
waktu kita bersentuhan sudah tidak pernah akan ada lagi (menyusui-red)

Tifa... 

Terima kasih bidadari kecilku,
sudah membantu bunda,
sudah berusaha, 
Sehingga bunda tidak menggunakan banyak cara,
Sehingga bunda tidak perlu meneteskan air mata, 

Kiss u, muuuuaccchhhh



 


 








 

 


Pin It

0 komentar: