The more we are grateful, the more happiness we get

3 Sep 2014

Okehh.. okeh... 
ini postingan pas Tifa umur 5 bulan, dan mau gw posting dari kapan tau, tapi bertengger terus di draft dari 2012 (helooooooowwww.... 2014 lho sekarang!!!)

Gw, sakit tipus udah ke 4 kalinya, parah kaliiiiii aku inih! Jaman masih sekolah 2 kali sampe dirawat, jaman kerja 1 kali, lah sekarang kena lagi dimasa BuSui. Kasian bgt Tifa yg waktu itu masih berumur kurang dari 6 bulan. Dan gw harus menuntaskan ASI Ekslusif buat dia yg kurang 1 bulan lagi. Gimana ceritanya tuh?

23 Mei 2012
Berawal dari tengah malam jam 01.00 gw memuntahkan seluruh makanan gw, dan masih berpikir kalo gw masuk angin, dan minta emak gw ngerokin gw. 

Pagi, siang, sorenya pun, setelah makan apapun itu, gw kembali memuntahkan seluruh isi makanan gw. Dan Eyangnya Tifa udah nanya macem macem. HAMIL??????? Wakakkaa.... 
yaelaaahhh, mens aja belommm (asix emang kb alami pan) 

Malemnya ke dokter (klinik deket rumah), ntah knp, gw dan dokter punya feeling yg sama kalo gw kena Tifus. Akhirnya gw dikasih obat, kalau belum membaik, gw disarankan untuk cek darah di lab. Oksip

24 Mei 2012
Paginya, udah enakan, brasa sembuh kali yeeee... diajak suami ke rumah komandannya di BSD. Nah... lemes selemes lemesnya perjalanan pulang dari BSD gw bener bener ga berdaya, lemes, mau pingsan bgt, n g bisa diajak ngomong. Akhirnya sebelum sampe rumah, kita cek darah di Lab. 

Stelah di rumah, gw langsung ke dokter lagi sama emak gw. Suami gw ngambilin hasil tes darah gw. Berhubung dokternya penasaran sama hasil lab, jadi dokternya nanya nanya sama suami gw by phone, ininya brapa? itu brapa? dll... setelah di baca, dokternya emng bilang kalo gw sakit tipus. WUAaaaaa.... 

Selama seminggu, gw disuruh banyak istirahat (tidur) dan minum air yg banyak, dan jgn lupa minum obat (Alhamdulillah ga dirawat)

Yang bikin gw sedih, gimana Tifa ya? ASInya gimana? boleh nyusuin ga nih? dan sederet pertanyaan lainnya...

Thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi, biasanya kita memakan makanan yg sudah tercemar bakterinya.

Kata dokter si tetap bisa memberikan ASI untuk Tifa meskipun Tipus
Sebenernya ada rasa kekhawatiran, nular ga ya? boleh ga ya? Tapi dokternya tetep ngasih gw semangat lho. Gini nih katanya...

"Tetap nyusuin ya, ga apa apa..."
"Menyusui langsung (ga pompa) juga ga papa ko. "
"Karena penularannya bukan dari udara atau kita bercakap cakap ya"
"penularannya juga bukan dari ASI yang diberikan"
"tapi penularannya dari kuman, misalnya abis cebok, ada sisa dijari tangan hingga masuk ke mulut" 

OOooooo... gitu yaaa... jadi ga masalah dong ya menyusui di kala sakit tipus, yg jadi masalah adalah, ketika ibunya dirawat, sakit berat, sampe g bisa menyusui anaknya, bukan dari ASInya yg bisa menularkan tipusnya itu...
 
Memberikan ASI Ekslusif buat Tifa dengan keadaan sakit tipus, salah satu cobaan terberat gw dalam NgASI. Alhamdulillah, sekarang udah lulus ASI Eksklusif, dan sudah weaning herself juga... (2y,8m)

Kiss u,

XOXO


 







Pin It

8 komentar:

Bunda Bibi mengatakan...

Salam Kenal mba :)
Bukannya kalo sakit tipus itu biasanya dikasih antibiotik yaa? apa ga masuk ke asinya tuh nanti ? *Sok Teu :P

Unknown mengatakan...

salam kenal bunda bibi, waktu itu aku sempet tanya obat obatnya, jawaban si dokter waktu itu "obat yg saya kasih aman untuk busui ya". gicccuuuu bun...

Anonim mengatakan...

Halo mbak...saya tetiba baca blog mbak karena saya juga lagi tipes ni tapi ragu mau menyusui atau tidak karena minum obat...
Waktu itu mbak dkasi apa ya untuk anti biotik? Makasih banyak mbak..

Unknown mengatakan...

hi,,, aduh maap aku udah lupa obatnya, maap yakk...smoga cepet sembuh mba

RAMLAH WIJAYANTI mengatakan...

Aku juga gt, ini lagi kena Tipes tpi dokternya bilang jangan berentiin ASI kasihan dede. Aku d kasi anti biotik dan banyak banget obat blablabla. Katanya aman kok d ASI

Asma mengatakan...

waaa jd lega setelah baca blog ini.... anakku umur 4 bulan skrg, dan aku kena tipus 😭😭😭 takut g bisa nyusui langsung, ternyata gpp, alhamdulillah, makasih ya mbak blognya bermanfaat bgt

AKH Hasibuan mengatakan...

Sya sakit typus smlm ke dokter 24 jam ga dibolehin kasih asi enaknya gmn ya😭😭😭😭

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah . Trimakasih mbak blog nya sangat bermanfaat 👍🏻