The more we are grateful, the more happiness we get

23 Jul 2015

Cerita sebelumnya bisa baca di alerginya Tifa

Tadinya setelah lebaran, kita udah niat ngajak Tifa (3y,6m) ke dr Widodo Judarwanto SpA. Tapi baca webnya pun, kita bisa praktekin sendiri ko (thanks dok!) Baca sampe detail detailnya sampe khatam deh! Insya allah bisa meminimalisir yg di keluhin.

Yang belum tau dr Widodo Judarwanto SpA, dia adalah dokter spesialis alergi anak. Yang gw baca, dalam mengobati si pasien, dia pake sistem diet atau istilahnya "eliminasi provokasi makanan terbuka". Stepnya ada 6 bueboooo, bisa liat di tes alergi Langsung ke step 3 ya, karena Step 1 & 2 ttg identifikasi keluhan yg dialami. 

Step 3
Nah ini step 3 yang lumayan susah dijalanin. Step 3 ini si anak hanya boleh makan makanan yg relatif aman dan menghindari makanan yg dicurigai sebagai penyebab alergi selama 3 minggu. 

Tes eliminasi banyak makanan ini harus di lakukan dengan superrrb ketatttt bgt. Karena yang bakal menyukseskan keberhasilan tes alergi ini adalah disiplin! Secuilpun kalo itu harus dihindarin, hindariiilahhhh. Karena dari pengalaman Tifa sendiri, kalo dia makan secuil apaupun yg dilarang, batukkkknya kaga nahann.
KONSUMSILAH SELAMA 3 MINGGU MAKANAN YANG RELATIF AMAN SEPERTI DIBAWAH INI
  • Neocate, Pepti Junior, Pregestimil, Panenteral, Soya (isomil dll), Susu Beras, Peptamen Junior
  • Tepung Beras (Rose Brand, Gasol), Biscuit Baby Choice original,Modern, Tempe, Tahu, Tofu (original),
  • Sapi, Babi (bagi non muslim atau kambing (bisa semua organnya seperti: daging, otak, sumsum, hati, kaki, buntut, jantung dll)
  • Buah: Apel, Alpukat, Pear, Bangkuang, Jambu biji, belimbing, strawberry.
  • Nestle Beras Merah(ekonomis), Agar-agar plain,
  • Tepung Gazol (beras merah, beras coklat, kacang kedelai, ubi dll) Kecuali kacang hijau, jagung, dan pisang dihindari.
  • Susu:Nan-enfa-nutrilon HA, Ensure, SGM, Chilmil non platinum, Similac, Pediasure, Nutren Junior, Sustagen, Ulltra UHT, KLIM, CHILKID non Platinum,Enercal, Krupuk : Kulit, Beras, Rempeyek kedelai, Opak.
  • Snack:Biscuit Modern, Fantastic, Crackers Jacob vegetables, kentang goreng, makanan tradisional bahan beras, roti tawar sari roti (selai strawberry,gula,madu). Margarine (Blue Band, Palmbom dll), kentang, ubi.
  • Keripik: (Tempe, Tahu, Kentang, Singkong, Ubi, paru, daging dendeng), Bihun, kwitau, misoa, Indomie rasa soto mi-bakso, Makaroni.
  • Sayur: kacang panjang, kedelai, taoge kedelai, sawi, kangkung, brokoli, labu, Kentang, Wortel, Bayam, dll. 
  • Ikan air tawar: Mujair, Lele, Belut, Mas, Patin, Gurame
  • MADU.
  • Makan di Restorant: Burger, Bakso, Sate, sup buntut, rendang, Icecream walls vanilla-strawberry. Bawang, Bumbu dapur, Kecap Manis, Permen Herbal
HINDARILAH SELAMA 3 MINGGU MAKANAN YANG DICURIGAI SEBAGAI PENYEBAB SEPERTI DI BAWAH INI

  • Ayam, Itik (bebek), Telor
  • Ikan Salmon, Tuna, Bandeng, Sarden
  • Gula merah, JAGUNG, Bubur Bayi Instan( termasuk Goodmil rasa ayam),
  • Buah: Jeruk (lemon, baby, pacitan), Pisang, Buah Naga, Kiwi, mangga manalagi.
  • Kacang Hijau, Yakult, Vitacam, Burung Dara, Beras Ketan. Japanesse Food. Permen Rasa Buah.
  • Agar-agar berwarna. Propolis, Royal Jelly
  • COKLAT, Kacang-kacangan : Kacang Tanah/Merah/Mente. Ikan Laut kecil: Cumi, Udang, Kepiting, Kembung, Tenggiri, Teri dll.
  • Buah-buahan: Melon, Semangka, sirsat, blewah, markisa, Timun Mas, Mangga, Duku, Tomat, Nanas, Durian, Anggur, Nangka, Leci.
  • KEJU, Mentega (Butter).
  • Royal Jelly, Bee polen
  • Taoco, Terasi, Saos Tiram, Saos Tomat. Yoghurt, kerupuk udang.
  • Makan di restoran: Chinesse Food. Japanesse Food.
  • Vitamin dan obat dengan rasa dan aroma buah jeruk, anggur dan sebagainya
  • TERMASUK BAHAN YANG TERKANDUNG DALAM MAKANAN
Selama 3 minggu, makanan yg dikonsumsi Tifa sperti sop iga, teriyaki brokoli,  ikan goreng / bakar (lele, mujae, mas, gurame), tempe goreng, soto lele, kentang goreng, labu, brokoli, bayem, buah / jus strawberry / belimbing / jambu aer / alpukat. 

Alhamdulillah, Tifa baru aja ngikutin diet ini, hasilnya selama 3 minggu? ckkckcc....
  1. Minggu pertama, alhamdulillah lancar, cuma hari pertama masih batuk dikit.
  2. Minggu kedua aga memble nih, sempet batuk waktu makan nangka di rumah nenek, trus batuk lagi di hari lebaran booo, mana tahan cyinnn ga makan opor ayam, nastar (nanas), padahal gw nyisirin ayamnya kecil kecil bgt. 
  3. Minggu ketiga, alhamdulillah... gak batuk lagi
Btw, ini tes eliminasi provokasi makanan terbuka yang buat anak anak, kalo bayi bisa liata di tes alergi bayi, kalo dewasa di tes alergi dewasa. 
Step 4 
Evaluasi dan monitoring step 3 (berhasil / tidak berhasil)
Gw sebagai emaknya menyatakan "berhasil!!!" cem dokter aje gw (iyeeeeeeeeeeeeee bgt) karena emang batuknya udah jarang bahkan minggu ke3 sama sekali ga batuk. okehsip ye...lanjut step 5
Bila berhasil maka bisa dipastikan bahwa berbagai gejala yang ada selama ini sangat dipengaruhi oleh alergi makanan dan hopersensitifitas makanan. Atau juga anda dan anak anda (jika memberikan ASI) mengalami gangguan alergi makanan / hipersensitifitas makanan yg selama ini tidak anda sadari mengganggu berbagai organ tubuh lainnya.
Tuuukannn...benerkan...batuk yg dialami Tifa ini emang bukan batuk biasa,  bukan tbc juga! bukan flek paru jg! tapi ini alergi dan hipersensitifitas makanan.
Eh...buat yg belum berhasil, monitoring lagi apa penyebabnya, dan bisa ngulang dari awal lagi.

Alhamdulillah, makin kesini, makin hari Tifa udah ga batuk batuk lagi....yeyy!!
Pak dokter baek amat yak, ngasih info yg buaaaannnyaakkkk bgt di web nya. Sekali lagi makasihhh ya dokkkkkkterrrrrr.

Step 5 & 6 nya bersambung postingan slanjutnya.

Praktek Dr Widodo Judarwanto SpA

Bunda Jakarta Hospital Jl Teuku Cik Ditiro 28 Menteng Jakarta Pusat
Grow Up clinic I : JL Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat
Grow Up clinic II: MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat
Phone 5703646 – 29614252  –  085103466102 – 085100466103 – 0867805533 – PIN BB 25AF7035
Email: judarwanto@gmail.com 
wesite / informasi : http://allergycliniconline.com/
Pendaftaran perjanjian pertelepon

Telepon 021.5703646 – (nomor ini dibuka pukul 14.00 – 24.000) – 085100466103 – 085101466102
Telepon 021. 29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013  (nomor ini dibuka pukul 07.00-15.00).
Pendaftaran dapat dilakukan sehari sebelumnya
Khusus luar kota dan luar jawa dapat menghubungi seminggu sebelumnya
 







Pin It

21 komentar:

Unknown mengatakan...

Bunda tifa makasih banyak ya info ini bermanfaat bgt sy kan coba selama 3 minggu, merasa sedih bgt klo ternyata anakqu alergi karna makanan yg qu kasih tuk anakqu malah kelompok makananan yg harus dihindari jadi sediiiih bgt qu ibunya,dikira manan sehat bermutu buat anak malah racun huhuhu

Unknown mengatakan...

sama sama, semoga bisa membantu ya. dan semoga anaknya bisa sembuh batuk batuknya...

Aisyah mengatakan...

Kalau mau konsultasi online nya lewat mana ya?

Terima kasih banyak, sangat membantu sekali. Untuk step 5 dan 6 apakah ada tulisannya? Sekarang gimana perkembangab anaknya bunda?

Hanna mengatakan...

Mba Rahma,ini mirip banget sama yang dialami anak saya (3y8m), batuk udah hampir 2 bulan,hiks...udah 5x ke 3 dokter yang berbeda belom ada hasilnya. Saya berasa stres tiap denger anak saya batuk. Besok saya mau coba terapin tes eliminasi maka
nan ini,makasih ya mba

Unknown mengatakan...

@Aisyah : kayanya konsul lewat online ga ada mom, tapi kayanya bisa coba telpon dulu untuk janjian dateng di klinik ketemu dokternya.

Aku belum sempet nulis nulis untuk step 5 & 6 nya,,hehehe.... alhamdulillah perkembangannya udah jauhhh baikan. Batuk udah gak, meski kadang masih batuk, tpi palingan cuma 2 harian aja. Kalo dulu kan ampunnnn... bikin aku kepikiran n stressss terus batuknya gak brenti brenti.

@Hanna : iya mba, sama sama, semoga bisa bermanfaat n bisa dicoba, smoga berhasil....

Unknown mengatakan...

Makasih banget infonya, semoga saya menemukan titik cerah akan kesembuhan bayiku. Tapi kok link nya gak bisa dibuka lagi ya..:(

Titian Asih mengatakan...

Assalamu alaykum, bunda trimakasih artikel nya, saya sedang mencari ttg alergy, anak saya udah 2bln batuk2 bolak balik ke dokter dna test alergy, dinyatakan alergy debu, tapi setelah sebisa mungkin di hindari tetep, Ehhhh pas baca artikel bunda, sangan pencerahkan, dan mencairkan perasaan galau, dg info dr Widodo nya, trimakasih banyak, salam sayang buat Tifa

Titian Asih mengatakan...

Assalamu alaykum, bunda trimakasih artikel nya, saya sedang mencari ttg alergy, anak saya udah 2bln batuk2 bolak balik ke dokter dna test alergy, dinyatakan alergy debu, tapi setelah sebisa mungkin di hindari tetep, Ehhhh pas baca artikel bunda, sangan pencerahkan, dan mencairkan perasaan galau, dg info dr Widodo nya, trimakasih banyak, salam sayang buat Tifa

Widya mengatakan...

Hi bun, klo step1&2 nya liat dimana yah?....

Unknown mengatakan...

Apa daftar mknan di atas berlaku utk semua anak bun?

Unknown mengatakan...

Biayanya berapa yaa bun sekali datang + obat? Terimakasih sebelumnya

Hesti mengatakan...

Bantu jawab ya.
Kebetulan tadi pagi saya kesana.
Biaya dokternya aja 300rb, Mbak Mima. Bayi saya ada keluhan dermatitis atopik. Tadi dikasih salep & obat racikan seharga 120rb.

Retna Susiana mengatakan...

@Hesti:bayinya umur berapa bulan bun? Bayi saya umur 3 bulan juga didiagnosa alergi dengan keluhan dermatitis atopik oleh DSA tapi anjuran untuk diit untuk saya (karena masih ASI) minim sekali. Mau ke dr Widodo kendala domisili. Bisa share ngga diitnya gimana bun? Soalnya linknya udh ngga bisa dibuka. Makasih sebelumnya

Hesti mengatakan...

Umur 4 bulan. DA dari sebulan lalu udah bolak-balik ke DSA, sempat ke dokter kulit masih belum ada perubahan.
Setelah konsul ke dr Widodo,si adek dinyatakan hipersensitif sama makanan juga. Karena masih full ASI, jadi saya dianjurkan untuk diet selama 3 minggu, kombinasi basic elemination & step 1. Jika bayi tidak bermasalah, bisa lanjut ke step 2. Konsumsi 1-2 jenis makanan kategori low risk (dalam daftar di atas mulai dari ayam s/d royal jelly) per minggu. Busui harus menghindari makanan kategori high risk (coklat s/d chinese food) sampai bayi berusia 6 bulan.
Jika setelah diet, alergi masih belum membaik jg, bisa jd krn ibu sedang batpil atau anak tertular dr org lain. Hanya saja reaksi yg timbul di kulit.
Kalau ada masalah/keluhan sama si adek (alergi, bb turun atau sakit), Ibu harus mulai diet lagi dari awal. Ini harus dilakukan secara disiplin, cheating dikit aja bisa memicu munculnya alergi. Coba langsung buka dari web-nya dr. Widodo aja, Mbak. Infonya lengkap banget kok. HTH

Unknown mengatakan...

Mb hesti,kombinasi basic elimination dan, step 1 dan step 2 ny maksudnya gimana mb, boleh tolong d share mb

Unknown mengatakan...

Mba ketempat dr widodo yg dmn ya? Jdwalnya hari apa aja klo boleh tau

Unknown mengatakan...

Klo alergi makanan bisa sebabkan sembelit ga?

Unknown mengatakan...

kalo alergi bisa sembuh total?

Unknown mengatakan...

Makasih banget ya mom sharingnya...anak saya jg kmungkinan alergi.. 3bln ini batuk nya on off...sedih n stressnya ga kelar2..mudah2an bisa membantu setelah dipraktekan ...bismillah

Unknown mengatakan...

Ikutan sharing ya bunda, anak sy usia 5 tahun laki laki...sudah 1 bulan batuk batuk aja, tp batuknya berdahak...sudah periksa bolak balik ke dokter, dan dokter bilang suara paru parunya masih bagus...tp karna batuknya ga kunjung sembuh akhirnya minta rujukan untuk rontgen dada dan cek darah, dari hasil rontgen memang ada indikasi yg mengarah ke arah TB paru tp dari hasil cek darah hasilnya normal....

Kemudian sy konsultasi dengan dokter yg menangani anak sy, dokter masih yakin klo anak sy batuk karna alergi, tp dokter tetap memberi second opinion yaitu konsultasi dengan dokter paru paru...

Yg ingin sy tanyakan, mungkin kah anak sy juga batuk yg berkepanjangan ini disebabkan karna alergi?

Unknown mengatakan...

Ma kasih membantu bgt, ini bukan buat anak saja.. Saya usia 35th d suruh dr. Ida ikut diet Dr. Widodo juga. Krn saya Ada masalah syaraf saya meradang sampai bertahun2 lalu d suruh diet alergi ini.