The more we are grateful, the more happiness we get

15 Jul 2015

Wooooaaaa... kali ini gw mau cerita banyak ttg batuk batuk yg dialami Tifa. 

Batuk
Diumurnya yg 3 tahun ini, Tifa kalo batuk, mana tahan!!! kasiannn bgt, ga berhenti henti, trus trusan, dan sudah berbulan bulan. "Batuknya ga sembuh sembuh"!!! Batuk sampe muntah juga pernah. Batuk baru sembuh seminggu, besok udah batuk lagi. Waktu batuknya selalu di malam & pagi hari. AAA....aku salah dimananya?

Dokter
Ke dokter dalam 6 bulan ini kayanya udah 3 kali deh (WHAT?????), dengan dokter yang berbeda beda dan semuanya dsa. Alhamdulillahnya si dsa Tifa ga ngasih antibiotik, dokternya bilang ga perlu antibiotik, karena ini batuk batuknya tidak disertai demam, ok syipppp bu pak dok (cium atu atu deh). 
Tapiii.....

Obat yang dikasih tu obat batuk n obat alergi. Bingung lah ya gw kenapa dikasih obat alergi. Lah tadi di dalem ruangan pas lagi kontrol n ngobrol, gak kasih tau kalo ada kemungkinan alergi (menyebalkan!). Jadikan gw bisa nanya lebih lanjut lagi. Sbenernya pun gw sebagai ibu, punya feeling kalo anak gw alergi "something", bukan sakit batuk biasa. 

Okeh, karena ga puas, kita ganti dsa. tapi ternyata gw masih ga PUAS juga! Dengan jawaban yg sama, dia juga bilang kalo kemungkinan besar anak ibu alergi. TITIK! Tanpa memberikan solusi atau pencerahan. Terus kalo anak lo di bilang alergi, lo tanya apa ama dokter??????? pastiiii "alergi apa dok?" yakannnnnn? diapun menjawab dengan lembut "bisa alergi makanan, susu, debu, dingin, ac, dll... trus apa dok? dia kembali menjawab "ya harus di test bu!" pas gw mau membordir perntayaan, baru satu kali nanya "testnya dimana dok?" dia hanya diam boebo... at least kalo di rs tsb ga ada, rekomendasiin dimana keeee....!!!!huuummmmmmfff...

Menelusuri
Akhirnya gw mulai dari ngecilin suhu ac, atau tanpa ac ketika dikamar atau di mobil, kayanya udah sampe panas panasan kringetan (nggak ngaruh!), Mengganti susu uht dari strawberry ke plain juga udah (zonnnkkk!!! sami mawon ga ngaruh). Bikin makanan berusaha sesehat mungkin, malah kadang minim/tanpa minyak (teteeeeuuppp gak ngaruh!), jenis makanan apa pun yg manis gw pakein minim gula (astagfirullah, nggak ngaruh, elus dada berulang ulang....zzZZZZ).

Bingungggg bgt rasanya, ini salah dimananya? bagianmananya? kayanya udah maksimal bgt nelusurin penyebabnya. 

Obat
Mungkin ada yg pernah bilang gw "tega" karena gw teramat jarang kasih Tifa obat batuk, pdhl udah parah parahnya tu batuk, gak brenti brenti. Termasuk suami gw juga.

Hey! ada saat saat seorang "ibu" yang punya feeling kuatttt bgt (caaaileeeehh!!!). Nah feeling itu gw rasain bgt! "gw ga perlu minumin obat ke Tifa","gw yakin, itu bukan solusi terbaiknya". 

dr Widodo Judarwanto, SpA

Sampe akhirnya gw dikasi tau temen gw "Zefanya" ttg dr Widodo. makaci makaci...makkkk!!! Dia nyaranin gw untuk dateng ke kliniknya tu dokter dibenhil yang katanya rame beutttt. Anaknya temen gw itu, kurang lebih punya case yg sama kaya Tifa, batuk tak kunjung sembuh uda 2 bulanan. 

Spanjang hari itu gw chit chat sama dia, terus dia ngasih list gitu beberapa makanan yg disarankan untuk dimakan, dan jangan dimakan selama 3 minggu sama Tifa. Weeewwww...

Dengan ke'kepo'an gw mulailah cari informasi sebanyakbanyaknya ttg dr Widodo Judarwanto Spa. Teramat mudah googling nama beliau soalnya "KONDANG BOkk" hahhaa. Gw baca salah satu tulisan pasien si dokter yg di share ke urbanmama atau blog pribadi mreka. Mulai deh tuh gw aga nemu titik terang karena casenya gak jauh berbeda.

Nama klinik Dr Widodo ini "picky eater clinic", jadi emang wajar bgt kalo katanya ngantri skale, sekali konsultasi pada lama (wajar ya) karena emang yg dikonsultasikan seputar anak susah makan, pertumbuhan anak, alergi, food hypersensitifity dll, infonya disini allergy clinic

Untuk Tifa sendiri, alhamdulillah dia sama sekali gak picky eater, justru pemakan segala (hooh). Ibu mana si g ga seneng kalo anaknya doyan makan apa aja. Tapi dari situlah batuknya dimulai. Kalo yg gw baca, menurut si pak dokter, sebagian besar atau sekitar 70% mekanisme pertahanan tubuh anak terdapat dalam saluran cerna  dan biasanya terjadi pada penderita alergi. 

Ngobatinnya bukan dengan obat batuk / obat alergi, tapi justru dicari akar masalahnya. Nah cara yg dilakukan si pak dokter itu adalah
“Eliminasi Provokasi Makanan Terbuka Sederhana”.  
List ini nih yg di kasih temen gw ternyata. Dari sini mata gw terbelalak (sadeesss!!! ) Dan yg gw baca lagi, si dokter kurang menyarankan test alergi yg panjangggg bin mahal itu. Sbenernya si baik, tapi gitu deh, lo baca sendiri aja di webnya, panjangggggg boq!

Eliminasi Provokasi Makanan Terbuka Sederhana.
Nah, Dr Widodo ini ngasih ilmu / cara gratis di webnya (ciamikkkkk dah!) makasih makasih lho pak dokter*sungkemmmm* Baca ya! baca!!!! Ada 6 step Eliminasi Provokasi Makanan Terbuka Sederhana. Stelah step 1 & 2 lewat. Giliran step 3 nih ujian awal dan yg terberat. 

Di step 3 ini, ada beberapa makanan yg disarankan untuk dikonsumsi dan yg dihindarkan selama 3 minggu. Btw nih dokter mengingatkan gw sama dr Titi Moertolo SpKk. Soalnya dalam pengobatan dr Titi kan nyuruh diet makanan juga. Cuma dokter Titi mah kayanya lebih banyakkk dah, sampe bingung gw waktu itu makan apah (tjiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeehhh hahhaha)

Alhamdulillah Tifa udah melalui step 3, gimana hasilnya?? gw bahas di postingan slanjutnya yakkkk (disini), apa aja yg di makan Tifa, dan yang di hindarin. kendalanya apa, dll...















Pin It

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Bun, skali konsul biayanya berapa ya? Anak saya picky eater parah. Makanan susah masuk kecuali yg dia mau aja 😭😭😭😭

Anonim mengatakan...

bunda boleh share tahapan eliminasi provokasi makanan nya?

Unknown mengatakan...

udah aku posting di postingan berikutnya, bisa diliat mom...

Unknown mengatakan...

bun bolehkah minta no wa, pengen share dan tanya2, anakku kata dsa alergi tapi nih belum ketauan alergi apa

Anonim mengatakan...

Bun boleh minta nomer wa bun? Saya ingin sharing dan tanya2. Trims bun

Unknown mengatakan...

Mba kasusnya sama bgt sama anak ku. mksh bgt artikelnya. Skr lg mengalami hal yg sama. apa anaknya masih ska kambuh ga mba? Kl kemungkinan asma jga mungkin ga mba? Karna pengalaman temen anaknya sama ternyata gejala asma.

zumh mengatakan...

Bunda..ig ny apa namanya?sy mau tanya sesuatu ttg alergi ini