The more we are grateful, the more happiness we get

18 Okt 2013

Dari sebelum gw hamil, bahkan sebelum gw nikah, gw udah sempet denger pemberian ASI Eksklusif untuk bayi. Asi Eksklusif itu sendiri adalah pemberian 'HANYA ASI' tanpa susu tambahan kepada bayi sampai usianya 6 bulan. Jadi pas gw hamil, emang bertekad ngasi asi nantinya.

Dari pengertiannya kayanya simple gitu ya? "nenenin aja bayinya 6 bulan pertama!!!!" Right?????
Tapi buuuu...sungguh ga sesimple itu!!!!! sederetttt kesulitan, kepanikan gw rasain sewaktu ngAsi. Tapi Alhamdulillah gw bisa memberikan Tifa ASIX sampe 6 bulan, dan pemberian ASI masih berlanjut sampai hari ini (1y,10m).

MENYUSUILAH DENGAN KERAS KEPALA pernah dengerkan istilah ini? yayaya... tapi siapa bilang gampang? ternyata teori memang ga bisa semulus paha JUPE *lho* prakteknya. Gw sendiri ngalamin beberapa kendala pada prosesnya, tapi ya dasarnya gw emang BATU "keras kepala", Alhamdulillah Tifa LULUS sarjana ASIX.
 
Masalah latch on yg susah, sukses bikin payudara gw lecet bin bengkak. Makanya gw selalu degdegannya waktu mau nyusuin Tifa, degdegan karena gw tau bakalan meringis kesakitan tiap kali Tifa mau nen karena kondisi nen gw yg lecet. *rasanya ga mau nyusuin lagiiiiiiii*. Tapi nyutnyutnya itu emang cuma bisa sembuh sama isepan sang bayi *elus dada*

ASI melimpah? pengennya si gitu, perkara asi melimpah itu ga mulus cyin. Sbenernya asi gw banyak ga si? ko kayanya anak gw pengen nen mulu, ga kenyang kenyang?????? trus pas mompa cuma dapet 20ml, *owmagadddd* *lemessss*

Puting payudara gede? sapa bilang? mendelep yang ada!!! dan mulai lah komentar komentar yg GAK MEMBANTU berdatangan tak diundang. Oooo pantesan...bla bla bla..

Di tambah komentar emak gw yg selalu bilang "kayanya gak enak gitu loh posisinya neteinya" " ASInya dikit kali" " ASInya gak kluar kali" "Bayinya gak kenyang nih" dan komen komen lainnya. Ini masih untung ye, emak gw yg komen gini gini, bisa adu bacot *ibaratnya* Hehehe, Nah kalo orang laen yg ngomong??? gw gibassss juga nih!!!!
 
KOLIK yg hampir menggagalkan pemberian ASIX buat Tifa. Gimana ga hampir gagal? kolik yg bikin gw tambah stres. SemalemanTifa  nangis jerit jerit dan baru bisa bobo subuh, dan pd waktu itu gw belom tau istilah "kolik" itu sendiri!!!! Rasanya mendingan puting lecet deh dibanding harus dengerin tangisan yg melengkin  menjerit semaleman.  Bayi yg kolik otomatis dia nyari kenyamanan  selain di gendong dengan menghisap nen / dot. Sementara nen gw kosong melompong karena every minute every hour diisep mulu tapi sambil nangisss jejeritan, ibu mana yg ga tergoda untuk ngasih susu formula untuk menenangkan bayinya???? tapi Alhamdulillah, ga terlaksana. hehheeheee. Pada case gw,  gw menjadikan susu ultra coklat sebagai booster ASI gw, tapi tenyata booster asi gw itulah yg bikin Tifa kolik (alergi produk sapi)

Perjuangan gw belom seberapa kalo dibandingin working mom yg harus kejar kejaran stock asi, harus anter pulang asi, harus nenteng peralatan perang perAsian ke kantor, ditambah stress kerjaan dikantor, dimarahin bos *asi mendadak seret*. Jadi sangat wajar jika ada seorang ibu yg sangat bangga jika bisa memberika ASI eksklusif buat buat hatinya, karena mungkin dia melewati proses panjang yg ga mulussss tadi *prokkk prokk prokkk* 

TAPI...

Gw pribadi ga mau menyalahkan atau mengomentari orang orang yg ngasih sufor ke anaknya *dengan catatan dia uda usaha tapi gagal ngASIX* . Pertanyaan macem "anaknya ASI?" "kenapa ga ASI?" dan laen laennya itu cuma mrasa buat mreka sperti di "TEROR". Yaaa... sebisa mungkin gw brusaha menghargainya. Lain halnya kalo seorang ibu yg emang gak berusaha sedikitpun ngASI ke anaknya karena alasan takut bentuk payudara berubahlah, dan alasan alasan serupa lainnya.

CKCKCKC...

Yaaaaa om tanteeee kakaaaa... itu crita saya hampir 2 tahun lalu waktu ngasi ASIX ke Tifa. 

Sekian dulu....

XOXO

 


Pin It

0 komentar: