The more we are grateful, the more happiness we get

12 Agu 2014

Melahirkan dirumah? 
Dibantu siapa?
Srius?
Sama dokter?
Bukan....
Trus????
Bukan di rumah juga sieee, cuma feels like home aja ko *timpuk*

Congrats Dini dan Wawa atas klahiran putra kedua, Raffan!!!

Dini ini temen SMA gw, selain orangnya aneh *minta dipelototin nih din gw ky jaman sma!!*  Aneh karena emang dia suka memutuskan hal yg laen dari kebanyakan orang. Satu satu yak, gw critain lahirannya, Coco dan Raffan.

Dulu pas ngelahirin anak pertamanya pun, Fathir "coco", kite kite (bf-red) sempet dikagetin karena dia sounding mau nglahirin di rumah  dgn metode gentle birth. Macem macem deh ni anak, repot bener. Sambil di jelasin ama tu ibu, kalo gentle birth itu nglahirin di air, dan berlangsung alami gitu, dan tali pusatnya ga langsung di potong. Whatttttt??? srius? makin bingung yg ada gw waktu itu. 

Trus dia juga rajin bgt crita Robin Lim waktu itu sampe ngikut seminar"nya,  meheketehe sapa dia, i dont care waktu Dini crita. Padahal seminggu stelah crita, namanya muncul di koran waktu itu dan uda wara wiri dimana mana, hahhaa... Oh, oke, jadi gw yg emang telat dan "nothing". 

Ketertarikan Dini berawal dari pas dia hamidun, dan terhipnotis *halah* twit Dewi Lestari yg melahirkan anaknya dengan scr gentle birth. Berhubung dia punya segudang masalah *lebai max* dengan asma dan tulang pinggangnya dan menghindari bayi terlahir dengan stress, dan segala ketakutan ketakutan lainnya,  tapi ttp pgn nglahirin normal, kekeuh ga mau caesar. Maka ya pilihan dia ini ya motode gentle birth ini. 

Jadi gentle birth adalah proses alamiah seorang wanita melahirkan, dimana
proses keluarnya bayi sangat terbantu oleh bekerjanya hukum gravitasi (kebawah), dilakukan dikolam yg berisi air hangat yg membantu si ibu tetap tenang dan nyaman, serta menunda pemotongan tali pusatnya sang bayi.
Prosesnya aja uda alamiah, pastinya ga pake medis medisan lah ya. 

 
Fokus ke crita Dini ye...
Kbeneran Robin Lim ini cuma praktek di Bali, dan critanya Dini ini kekeuh pgn bgt lahiran dgn gentle birth. Tapi ga mungkin dong dia terbang ke Bali buat lahiran dong *sighhhh*. Dia ngubek ngubek cari info, sampe nanya Robin Lim pas seminar, dan dapetlah dia tempat yg "klik" di Klaten, namanya klinik bidan kita. Kberan emng mak Dini ini tinggal di Yogya, deketlah ke Klaten doang si.

Sampailah pada hari "H" thn 2012, Dini mau ngelahirin Coco, dia posting foto ke grup untuk minta doa kalo dia uda mau lahiran, dan waktu dia udah bukaan 5 kalo ga salah (foto di bawah ini). Dan gw baru yakin disitu, kalo Dini bneran mau gentle birth *peace din* .   Eh Gini gini, soalnya gw inget bgt dia masi bingung cara jelasin ke orang orang terdekat (suami dan kluarga), biar bisa nerima kalo dia pgn bgt lahiran gentle birth. 


 

Alhamdulillah, lahirlah seorang malaikat kecil melalui persalinan gentle birth. Sehat, lucu dan ganteng, dengan ari ari bersamanya. Wow...amazing. Kalo ga salah selama 3 hari ari ari masih bersama Coco, dan di hari yg ke 3 itu pun, tali pusatnya akan di potong.


Sampailah kelahiran anak ke 2. Sempet ga up date brita kehamilan Dini, pas mau lahiran, dia chit chat minta doa karena uda mau lahiran. Yg kita sempet tanya "Din, ini gentle birth lagi?" "Lotus Birth dese bilang". Dan akhirnya... Cuma selisih 4-5 jam, dia uda ngabarin lagi kalo dia uda lahiran. 
*WHAT? *CIYUS? *ini beneran? gak ada tampang baru lahiran!!!! hahhaa...soalnya dia emg ga lemes lemes sama sekali, dan dia juga crita ga ada jaitan. Seneng ya, liat orang baru lahiran, trus bisa langung senyum lebarrrr dan hahahihi kaya Dini. 

Lain hamil pertama kedua, lain pula crita kelahirannya.
Jadi kalo gw denger dari Dini, Kelahiran putra ke2nya ini lebih kalem, lebih apik, lebih santai deh.

Jam 7 pagi, ternyata udah bukaan 5, tapi sungguh! dia masih bisa tidur? heiii ibu ibu...kalian yang udah pernah melahirkan, bisa ga sih bukaan 5 tidur? ko gw ga bisa sama sekali ya waktu itu? wkwkkw. Cuma bisa tiduran di tempat tidur dengan kesakitan trus minta elus elus tulang ekor.

Dia juga crita kalo dia masih sempet main gym ball, trus tidur tiduran selama masa kontraksi. wewww.. akhirnya, pas jam 14.00 dia uda ngrasa bgt mau ngeden, dan langsung masuk ke kolam yg brisi air, dibantu bidan Yesi yg cuantik itu sendiri dan 2 kali napas Alhamdulillah, Dini melahirkan putra ke2nya dengan selamat. Setelah itu, mreka ber2, lanjut naek ke kasur beserta air ari yg juga masi menempel, dan si bayi langsung mlakukan IMD dengan tali pusat yg masih menyambung sama ibunya (hihihi... kbayang ga?.

Btw, Kalo kata Dini, bidan Yesi ini orangnya asik bgt, udah kaya temen kalo dese bilang si. Hahaha.. udah langganan juga si ni anak ke sini....xixixi

Oiya, kembali ke melahirkan secara alami atau gentle birth ini. Kalo kita di yg lahiran di rs, begitu IMD (yg imd), si bayi langsung dibersihkan / dimandiin. Nah, kalo denger crita dari Dini ini, setelah IMD, si bayi langsung di pakein baju, dan ga langsung dimandiin, dan ntar lemak lemaknya ilang sendiri ko. 

Karena anak kedua ini Lotus birth, jadi, emang nunggu tapi pusatnya puput sendiri.


 
 Nah, ini salah satu perawatan tali pusat dan ari ari, yang putih putih adalaha garam laut, ditaburin supaya plasentanya awet sampe tapi pusatnya puput, gicuuuu....

 
 Alhamdulillah, dihari ke 10 nya, tali pusat Raffan sudah puput....lucu yaaakk


Sehat trus ya Coco dan Raffan yg ganteng ganteng.... 
Semoga Tifa bisa nyusul punya ade yang ganteng juga, hehehe...

Pro dan kontra sudah biasa
Buat yang penasaran, Ke..ke..ke..kenapa begini begicuuu
kenapa  gentle birth / kenapa lotus birth?
kenapa tali pusat tetap dibiarkan menempel dengan ari ari?
kenapa tali pusat di biarkan puput dengan sendirinya?
ato yang mau tau infonya lebih lanjut bisa buka  
http://www.bidankita.com

okokoke...

Trims Dini yang sudah berbagi cerita sama akyuuuu... dan uda ngasih foto foto momen terindah dalam hidup mu... xoxo
 


Pin It

0 komentar: