The more we are grateful, the more happiness we get

6 Nov 2013

Alooohaaaa...

Baiklah...kali ini gw mau posting tentang gemuk dan sehat. Gw bukan dokter, bukan ahli kesehatan, tapi postingan gw kali ini bisa ditelaah ringan ko *ciehh cieehh..*

Berawal dari komentar emak, bapak, kaka gw yg bilang kalo Tifa (1y10m)
"Tifa kurus ya, beratnya ga nambah nambah" 
"Tifa kurang ndut nih, badannya segini gini aja" 
"Harus nambah susu nih, biar ndut"

#EAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

Stress ga si lo digituin????
gw? kagaaaa!!!! gw tipe yg ga ambil pusing omongan kaya gitu!!! apalagi kluarga gw yg ngomong, cingcay!!! tinggal tangkis satu satu dengan argumen yg masuk akal! *tsahhhhh*

Udah menjadi paradigma bgt kalo anak anak, trutama balita itu harus gemuk, karena anggapan gemuk itu tolak ukur untuk anak yg sehat. Apa iya? 
aduh, cek ya, ato bisa googling dibeberapa link healthkompasrepublikamerdeka. 

Dari situlah mata gw mulai terbelalak *bahh, ngeri amaaattt*, iya srius!!! *lebaiii*. Seringnya bertemu orang orang disekeliling gw trutama ibu dengan sang balitanya. Biasalah, kalo ibu ibu ketemu, citanya soal anaknya dan saling bertanya. Dimulai dengan pertanyaan klise sperti dibawah ini :

"umur brapa anaknya?" 
"wah ndut ya?" 
"susunya apa?" 

kali ini giliran sang ibu yg menjawab 

"umurnya hampir 2 tahun, hampir sama ya umurnya sama anak ibu"
"iya ndut ya, paling besar ini di komplek rumah, padahal makannya susah bgt, susunya kuat, susu aja tiap hari"
"susunya merk *******"

Jawaban kaya gini tuh, ga cuma gw dapet dari satu ibu, tapi lebih dari 5 ibu yg lagi bertamu kerumah gw mau ketemu ibu gw & bawa anaknya lah, ato ketemu di rs lah, ketemu di playground lah. Pasti ada aja pertanyaan pertanyaan klise kaya diatas, baik dari si ibu ABC dan dari gwnya sendiri.

Dan emang, rata rata yg gw temuin itu ya anaknya emang ndut, tapi catet yaa...gendutnya karena apa? *baca atas lagi deh*, right!! gendutnya karena minum susu terus terusan, dan anaknya jadi susah makan!!! 

Padahal ya, susu itu bukan makanan, bukan pengganti makanan, apalagi kalo anaknya udah diatas 1 tahun. Ada takarannya kan, brapa ml ideal perharinya.
Masih ingat kan 4 sehat 5 sempurna. Yang ke 5 susu, dimana susu hanya sebagai pelengkap, untuk memenuhi kebutuhan kalsium, itu pun bisa dproleh dari makanan, ato olahan sapi lainnya (yogurt). Teteppp ya yang utama adalah karbohidrat, lauk, sayur untuk memenuhi kebutuhan zat besi, zinc, vit a, dan vitamin lainya.

Mungkin banyak orang tua yg putus asa dan bingung kalau anaknya susah makan, dan mulai mendewakan SUSU sebagai jurus pengenyang perut anak. "ah gpp, perutnya sudah terisi dan kenyang" HELOOOOWWW!!! 
 
Diperparah, baru aja kmaren ktemu orang yg masih lumayan deket, betapa bangganya dia cerita kemontokan sang anak yg emang super montok dan bisa mengkonsumsi 10 botol susu tiap harinya. Dan botol susunya cyinnn...yg gedeeee aje...250ml. *widiiiiihh* *anak saya banyak dagingnya kate die*
  
seremmm ya kalo otak ibu ibu digentayangin "anak harus gendut, montok"
Apa gw harus iriiiiiii kalo caranya gendut kaya gituuuuu???
TIDAKKKKKKKKKKK!!! NEHIIIIIIIIIIII!!!!!!!!!!!!! OGAHHHHHHHH!!!!!
Gw bener bener ga ngiri!! Tifa sendiri sebenernya ga kurus tulang belulang, badannya berisi, pas deh. Dan Tifa pun beratnya masih sesuai dengan table IDAI, dan bukan anak yg susah makan, lap lep, tam tem bin gragazzzz... nasi ok, kentang ok, lontong ok, lauk pauk ok, sayur ok, buah ok.
Apa gw harus jejelin susu trus biar gemuk??? OBESITAS ntar yg ada!!!!! 
BIG NO NO !!!
  
Oiya, ngomong ngomong susu, Tifa juga minum susu ko, sampe sekarang juga masi ASI, tapi ya ASInya udah menipis produksinya. Susu yg diminum Tifa ultra mimi plain atau stowberi, sehari biasanya 2-3 kemasan. Sempet suka SGM, tapi akhir akhir ini dia bilang "gak suka". Tapi ya berat badanya masih terjaga, gak yg gendut berlebihan, sekali lagi gw bilang "PAS". 

Berlanjut ke cerita ibu gw, sampailah kemarin, dia ketemu anak temannya, umurnya hampir 3 tahun sama sekali ga mau makan, maunya ngedot susu terus. Dan emak gw bilang "benar ya kata Rahma, anak sehat ga harus gemuk ko, lah gemuknya ngenyot susu, makannya ga mau!"
Tersadarlah emak gw..zzzzZZZZZ


*khan mahhh...benerkannnnn!!!!!!!!!!!*



 



 

Pin It

2 komentar:

vhavhivhuvhevho mengatakan...

Setuju mbaaaaaaa...saya juga ngalamin..
Kayaknya mba nulis sambil dendam bener ya.hihihi

vhavhivhuvhevho mengatakan...

Setuju mbaaaaaaa...saya juga ngalamin..
Kayaknya mba nulis sambil dendam bener ya.hihihi