The more we are grateful, the more happiness we get

12 Jul 2012

Baby Led Weaning disingkat BLW
Apasi BLW itu? kalo jawab singkat si "Bayi makan sendiri", cuman ga sesimple itula ya...
 
Apa si Baby Led Weaning itu ?
BLW adalah memberikan kesempatan pada bayi untuk mengambil, dan memakan makanannya sendiri. Prosesnya dengan menggenggam, memasukkan kemulut, mengunyah, dan menelan makanannya, makanannya itu sendiri harus yg bisa dipegang oleh bayi. (skip bubur buburan)

Manfaat BLW
1. Bayi menjadi aktor utama yg aktif, bayi yg memutuskan untuk makan dan kpn berhenti, sama kan dgn bayi yg nen asi, dia akan minta nen kalo lapar dan melepas puting ibunya kalau sudah merasa kenyang.
2. Bayi dapat mengeksplorasi rasa, tekstur, warna dan bau suatu makanan
2. Bayi lebih merasa percaya diri krna dberi kebebasan, dan melatih kemandirian
3. Bayi dpt mengembangkan motoriknya, mata, tangan, dia melihat, menggenggam, dan mengunyah, nah mengunyah ini juga untuk melatih rahangnya.
4. Bunda dapat berdialog mengajarkan mcmcm buah ke bayi. *co: ini pisang sayang, coba dikasi puree, ga bisa kan, kan semua makanan yg dia makan bentuknya "puree".
5. Mengurangi resiko picky eater (pemilih) & gtm (gerakan tutup mulut) yg sering ebong2 keluhin.
6. Bayi bisa bersama sama makan dengan orang tuanya

sumber : http://baby-led.com/ or http://babyledweaning-indonesia.blogspot.com/

yang uda aku rasain manfaat blw ini bisa baca "manfaat blw" part 1 dan part 2


Porsi Makan
Jangan pernah memaksakan makanan yg disajikan habis, namanya aja Baby Led, biarkan bayi yang memutuskan kapan memulai dan mengakhiri makannya. Bayi berusia kurang dari 1 tahun tidak perlu dikawatirkan karena makannya sedikit, karena bayi <1th masi belajar makan, lagi pula makanan yang diserapnya hanya 30%, 70%nya masih ASI.

Mau lihat potonya? bisa buka di album Tifa BLW
 
Apa aja si syaratnya?
Bayi sudah mampu duduk tegak (mencegah tersedak)
Kalo syarat utama buat buntif  ada 4 apa aja siy ?
1. Kita harus punya rasa percaya yg besar thdp si bayi.
Jika mau menerapkan BLW berarti harus percaya, bahwa bayi mempunyai insting sendiri untuk menentukan kapan dia siap untuk makan, apa yang akan dimakan, seberapa banyak,
2. Sabar
Jangan berharap bayi makan banyak, apalagi untuk awal awal. Biarkan Bayi dengan instingnya. Bunda tidak perlu menyuapinya karena tidak sabar melihat bayi makannya sedikit.
3. Jangan panik
Melihat anak tersedak "dont panic too much", sekali lagi ya butuh kepercayaan moms n baby. Makan tersedak itu adalah reflek bayi yang tidak dapat menelan makannya yg terlalu besar. Bayi itu pinter lho, dia sudah punya reflek.
4. "tutup kuping"
tutup kuping buat org org yg ga bisa nerima ilmu baru, yg komentar negatif. Perlu diinget!!!!ga ada seorang ibu yg ingin mencelakakan anaknya, jadi percaya lah "mom knows the best"
Apa si kelemahannya
1. Kalo kata orang si berantakan
Tapi jangan jadiin ini kelemahan de, emg berantakan, cuman namanya anak anak, upssss bayi... "kalo ga berantakan, gak kotor ga kreatif dong"

About Pup
Semenjak Tifa mulai makan, Tifa slalu pup, kadang tiap hari, kadang 2 hari sekali. Terkadang pupnya keras, kadang lembek, tergantung dia lebih banyak memakan apa. Kalo dia lebih banyak makan karbohidratnya tentu pupnya keras, tapi kalo banyak buah or sayurnya pupnya lembek. Di awal awal BLW pupnya suka terlihat potongan potongan buah or sayur, dan ada anggapan yang bilang "berarti makananya tidak di cerna? Ati-ati bisa sembelit" . Ada cerita ttg Tifa yang sewaktu 6m masi makan puree, puree pun bisa sembelit (makan puree alpukat), dia ngedeeeen sengeden ngedennya. Artinya sebenernya bayi yang makan puree/bubur/makanan dialusaluskan pupnya pun mengeluarkan apa yg dimakannya, tapi karena pemberiannya dihaluskan, yang kluar ato pupnya bentuknya juga sudah halus (bukan potongan potongan). Kalo soal cerna dan serap perlu diingat lagi, bayi <1tahun 70% masi asi yang diserapnya, 30% mpasinya.

Buku Baby Led Weaning

Pin It

0 komentar: